Jumat, 09 September 2016

Tentang Instagram

Instagram

 

Bagi Anda pengguna gadget atau smartphone, tentu mengenal apa itu Instagram bukan? Instagram merupakan aplikasi yang ada pada handphone berbasis Android. Di samping itu, Instagram sendiri ialah aplikasi yang memiliki fungsi khusus dalam hal “menjepret”, mengedit dan mengelola foto dengan memberikan perubahan pada efek seperti filter dan lain sebagainya. Kemudian Anda juga bisa membagikan atau share foto tersebut kepada semua orang. Untuk penginstalannya sendiri, Instagram masih terbilang khusus karena hanya digunakan pada handpone Android, Ipad, Iphone, Ipod, dan lain sejenisnya yang masih berbasis smartphone.

Namun, tahukah Anda dari mana kata Instagram itu berasal? Sebenarnya, aplikasi ini bermula dari dua asal kata yaitu Insta dan Gram. Kata Insta merupakan permulaan dari kata “instan”. Penggunaan kata instan di sini awalnya terinspirasi dari keberadaan foto instan jaman dulu, yang biasa dikenal dengan sebutan kamera polaroid. Sama halnya dengan kamera tersebut, aplikasi Instagram juga bisa menghasilkan dan mengelola foto-foto secara cepat alias instan. Nah, untuk kata Gram sendiri, ini merupakan pengambilan kata dari “telegram”, yang mana alat ini memang memiliki fungsi sebagai perangkat pengirim informasi yang cepat. Dengan kombinasi kata “Insta” dan “Gram”, maka terbentuklah sebutan Instagram yang memiliki fungsi untuk mengupload setiap foto yang dihasilkan. Kemudian langsung dapat diolah dan dibagikan kepada masyarakat umum secara online melalui internet sebagai penyedia informasi yang paling cepat saat ini.

instagram-facebook

Hubungan Facebook dengan Instagram

Sekedar informasi, aplikasi Instagram pada awalnya dibentuk oleh sebuah perusahaan aplikasi dan gadget, Burb INC. Kesuksesan Instagram ini juga tidak luput dari pengaruh CEO sekaligus Programmer yaitu Mike Krieger dan Kevin Systrom. Mereka berdua adalah kunci penting hadirnya Instagram di jagat media sosial. Tanpa mereka berdua, maka Anda tidak akan merasakan serunya bermain foto di aplikasi ini. Aplikasi share foto ini didirikan kedua orang penting itu bersama Burb INC di tahun 2010. Setelah peluncurannya selama 10 bulan, Instagram telah berhasil menarik pengguna media sosial aktif sebanyak 7 juta orang. Setelah itu, sejak tanggal 9 April 2012, Instagram kemudian menjadi milik Facebook dan menjadi sangat populer digunakan oleh para pecinta smartphone berbasis Android. Meskipun pada awalnya aplikasi ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS, namun androidlah yang akhirnya membuat Instagram tenar hingga saat ini.

Para pengguna Instagram pastinya sudah tahu betul fitur-fitur apa saja yang disediakan dalam aplikasi ini. Namun, bagi Anda yang baru ingin mencoba menggunakannya, Anda perlu mengetahui lebih dalam fitur yang disediakan agar mempermudah Anda dalam mengaplikasikannya, salah satu diantaranya adalah fitur followers. Fitur ini berguna untuk Anda mengikuti akun Instagram orang lain yang diinginkan ataupun membuat akun Anda untuk diikuti oleh orang lain. Fitur inilah yang sangat disukai oleh para pengguna, sebab semakin banyak followers atau pengikut di akun Anda, maka semakin terkenal dan populer juga akun Anda tersebut di media sosial. Kemudian, ada fitur efek untuk setiap foto yang diupload. Ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan aplikasi edit foto pada umumnya.

Selanjutnya, untuk membagikan foto terbaik, Anda bisa menggunakan fitur bagikan foto yang ada di Instagram. Fitur ini ditujukan untuk membagikan foto-foto momen bahagia yang Anda miliki kepada followers Anda. Untuk mengintegrasikan aplikasi tersebut dengan jejaring sosial lainnya seperti Facebook ataupun Twitter, Anda bisa share foto-foto yang diupload pada Instagram menggunakan fitur share. Sebenarnya, ada cukup banyak fitur-fitur lainnya yang disediakan, seperti fitur like, halaman populer di Instagram, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya fitur yang di sediakan, pantas saja jika aplikasi ini menjadi salah satu dari sekian aplikasi share foto yang cukup populer dikalangan pecinta gadget.

 

sumber : https://kodokoalamedia.co.id/2015/09/27/penjelasan-tentang-instagram-dan-kegunaannya/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar